Mengenal Fungsi NFC pada HP, Memudahkan Berbagai Aktivitas

fungsi nfc pada hp

Ternyata ada beberapa fungsi NFC pada HP, yang sangat membantu berbagai pekerjaan secara online.

Interkonektivitas digital kian canggih. Sejauh ini kita sudah mengenal sistem konektivitas antar perangkat media digital, yakni Infrared, Bluetooth, dan WiFi. Kini ada yang lebih canggih lagi, yakni NFC. Ternyata ada beberapa fungsi NFC pada HP, yang sangat membantu berbagai pekerjaan secara online.

Pengembangan NFC sebenarnya sudah lama. Penggagas sistem digital nirkontak ini adlah Sony dan Phillips Semiconductors. Kedua perusahaan raksasa ini semula memperkenalkan NFC sejak tahun 2002.

Tapi, pasti tak semua orang tahu apa itu NFC. Pengertian sederhananya, NFC adalah kependekan dari kata “Near Field Communication” atau makna bahasa Indonesianya, sistem komunikasi antar medan/platform secara dekat.

Agar konektivitas NFC terjadi, butuh dua perangkat (device), yang sama-sama harus kompatibel, yang pertama sebagai transmitter, yang satu lagi sebagai penangkap sinyal. Hal inilah yang membuat fungsi NFC pada HP terjadi.

Dari dua perangkat tersebut, salah satunya bisa berupa ponsel yang sudah terpasang sistem NFC. Beberapa merek ponsel yang sudah memenuhi standar NFC, antara lain; Nokia 6131, Samsung Nexus S, dan iPhone 6.

Nah, jika kamu misalnya sudah memiliki contoh ponsel tersebut, coba saja mengfungsikan fitur NFC. Ada beberapa kegunannnya lho. Berikut ini kami sajikan beberapa poin fungsi NFC pada HP, yang kami sarikan datanya dari berbagai sumber.

photo: techunwrapped.co

Mengenal Fungsi NFC pada HP, Memudahkan Berbagai Aktivitas

1. Transfer Data, Fungsi NFC Pada HP Mudahkan Pekerjaan

Semula NFC berguna untuk mengontak mengirim data kontak atau nomor telepon. Tapi sekarang fungsinya untuk mengirim media lain, seperti file foto, link (URL) hingga pete lokasi, baik antar ponsel maupun ke komputer maupun laptop.

Tapi ada syarat tertentu untuk pengiriman file melalui NFC. Misalnya, kamu mau mengirim foto atau video, ukurannya harus dicek dulu, jangan sampai terlalu besar. Bagi pengguna HP Android, kamu bisa manfaatkan fitur Nearby Share. Jadi, fungsi NFC pada HP dengan fitur tersebut bisa terkoneksi dengan baik.

2. Cek dan dan Isi Saldo Uang Elektronik

Kian populernya penggunaan uang elektronik (cashless/e-money) untuk berbagai keperluan, misalnya untuk pembayaran tol, NFC pun kini jadi andalan.

Dengan ponsel terpasang NFC, kamu bisa mengecek sekalius mengisi saldo kartu e-money milikmu melalui HP saja, tak perlu harus ke ATM. Itulah salah satu fungsi NFC pada HP yang efektif.

3. Permudah Transaksi Belanja, Fungsi NFC pada HP Tanpa ATM

Meski ATM biasanya terdapat di pusat pembelanjaan, kamu belum tentu langsung bisa bertransaksi di ATM itu. Bisa saja harus antre atau mesin ATM-nya sedang error. Salah satu solusinya adalah kamu menerapkan fungsi NFC pada HP.

Nah, dengan adanya NFC yang terinstall pada ponselmu, kamu tak perlu repot lagi mencari ATM, cukup gunakan saja NFC. Syaratnya, ponselmu sudah terkoneksi dengan akun dompet digital. Sekarang, para produsen atau gerai pembelanjaan sudah memakai cara transaksi online ini karena sistem pembayaran mereka pun tersinkron dengan NFC.

4. Jadi Emulasi Kartu Akses

Artinya, beberapa kartu akses untuk masuk ruangan, kamar hotel, atau kantor di sebuah gedung bisa terkoneksi dengan ponselmu yang terpasang fitur NFC. Sinkronisasi digital ini dikenal dengan nama emulasi.

Misalnya, kamu penghuni apartemen, kalau smarphone kamu memiliki NFC, kamu otomatis juga bisa memakai kartu akses secara cepat ketika masuk ruangan. Pasalnya, data NFC ponselmu sudah tersimpan juga secara digital di karu akses tersebut.

5. Check In, Fungsi NFC Pada HP Perlu untuk Traveler

Hampir sama dengan koneksi dengan kartu akses, fungsi lainnya NFC adalah memudahkan para tamu hotel atau penghuni apartemen agar bisa check ini pada lokasi tertentu.

Para pengguna ponsel ber-NFC akan mudah mendeteksi tujuan hotel atau tempat yang akan dikunjungi untuk check in.

6. Otomatisasi  Menggunakan Jaringan WiFi

photo: cultofmac.com

Kamu sering memakai jaringan WiFI, musalnya di hotel atau resto? Jangan terkejut sekarang beberapa pengelola hotel dan resto sudah memasang alat yang disebut WiFi porter. Fungsinya agar pengunjung yang hendak memakai jaringan WiFi tak perlu lagi mengisi password.

Syaratnya, ponselmu sudah berfitur NFC. Wifi porter itu secara otomatis akan mengizinkan kamu sebagai pengguna WiFi. Carannya mudah, kamu tinggal menyambungkannya secara online HP-mu ke WiFi porter tersebut dari jarak dekat.

7. Penyedia Rekomendasi Aplikasi

Begitu banyaknya aplikasi yang terdaftar di Google Play Store maupun Apple Store, terkadang kita sulit dalam memilihnya untuk kebutuhan tertentu. Nah, dengan adanya NFC, kamu akan mendapatkan rekomendasi aplikasi tanpa harus mengetikan nama aplikasi secara manual.

Kamu pun akan lebih cepat memberitahu siapapun terkait aplikasi terbaru atau ter-update melalui ponselmu asalkan sudah terpasang NFC. Ini adalah salah satu contoh saja dari fungsi NFC pada HP.

8. Mengoperasikan Aplikasi di Ponsel Lain

Ini juga fungsi NFC yang menarik lho, terutama bagi kamu yang sering menjalankan bisnis atau meeting secara online. Ternyata NFC bisa membantu terjadinya konektivitas antar platform, misalnya antar ponsel, atau ponsel dengan laptop/desktop komputer secara online.

Ketika kamu dan partner bisnismu perlu mengoperasikan sebuah aplikasi dalam waktu bersamaan tapi di tempat berbeda, tinggal fungsikan saja NFC pada ponselmu jugz ponsel mitra bisnismu. Adanya interkonektivitas multiplatform digital ini, kamu dan mitra bisnismu bisa saling mengirim, membuka, juga menyalin data lebih cepat dari aplikasi yang sedang kamu jalankan bersama rekan bisnismu itu.

9. Pesan Makanan/Minuman di Bioskop

Ada fungsi lainnya yang terbilang unik kalau ponsel terpasang NFC. Ternyata, para pengguna ponsel ber-NFC di Australia bisa sebagai alat untuk memesan makanan ketika berada di bioskop.

Penonton bioskop yang memiliki HP terpasang NFC bisa membuka aplikasi pemesanan makanan di bioskop tersebut. Cara pembayarannya langsung terkoneksi dengan sistem transaksi digital. Jadi, penggunanya tak melulu harus membayar makanan tersebut secara cash. Caranya, si penonton cukup menempelkan ponselnya ke sandaran tangan kursi bioskop yang ditempatinya. Keren kan?

9. Mengisi Baterai  HP Secara Nirkabel

Ini juga fungsi NFC tak kalah pentingnya. Berdasarkan persetujuan para ahli ITC yang tergabung pada forum NFC, para pengguna HP ber-NFC nantinya bisa tertolong kalau HP tersebut mulai lowbat. Jadi, ponsel mereka bisa terisi batere dengan koneksi nirkabe alias tanpa charger manual.

Namun, kegunaan ini barus propsek saja lantaran masih dalam kelayakan uji, terutama terkait penghantaran daya listrik pada ponsel secara induksi. Lebih utama lagi, pengisian daya batere seperti ini tidak membahayakan pengguna ponsel yang ber-NFC.

Penutup

Bagaimana menurutmu tentang kecanggihan NFC melalui ulasan tadi? Mungkin nanti fungsi NFC pada HP lebih banyak lagi.

Kita berharap para peneliti NFC bisa mengembangkan lagi fitur-fiturnya yang lebih ramah bagi pengguna ponsel agar fungsi NFC pada HP lebih aman dan  nyaman bagi pemakainya.