Cara Melacak iPhone yang Hilang

cara meelacak iphone yang hilang

Ponselmu mendadak hilang pasti pikiran jadi mumet. Apalagi kalau mereknya seri iPhone, hidupmu terawa ruwet. Tapi, coba lah tenang. Kini ada beberapa cara melacak iPhone yang hilang.

Meskipun cara tersebut tak menjamin HP iPhone kamu dapatkan lagi (misalnya dicuri), toh kamu sudah berusaha untuk mengetahui keberadannya. Masih beruntung sih, hilangnya karena lupa kamu simpan atau HP tersebut jatuh di lokasi aman dan tersembunyi, kemungkinan besar kamu akan bisa mendapatkannya lagi.

HP iPhone tergolong sangat mahal. Harganya bisa mencapai 20 juta untuk tipe tertentu. Tetapi harga semahal itu berbanding lurus kok dengan kualitasnya. Maka sayang sekali ‘kan kalau HP sekelas itu mendadak hilang.

Nah, khusus untuk kamu yang ogah kehilangan HP iPhone, kami sajikan tip atau cara mencari iPhone yang hilang Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya secara singkat berikut ini, sampai selesai dan tanpa di-skip ya!

Cara Melacak iPhone yang Hilang 

Melacak Iphone dengan Find My iPhone

 

photo: techthirsty.com

Perlu kamu ketahui, cara ini bisa berhasil jika kamu mengaktifkan Find My iPhone pada HP iPhone-mu yang hilang. Idealnya, fitur ini wajib sih untuk kamu aktifkan. Selain dapat melacak HP tersebut, kamu juga bisa berbagi lokasi dengan keluarga, teman atau bahkan pacar.

Pemaparan berikut ini berlaku jika kamu menggunakan iOS 13. kamu sudah meng-update iOS terbaru, pasti caranya akan sedikit berbeda, seperti tahapan cara berikut ini.

  1. Pada perangkat yang lain, kamu bisa membuka fitur Find My iPhone
  2. Kamu bisa mengaksesnya pada website https://www.icloud.com/find melalui browser atau bisa pula dengan HP.
  3. Kamu harus Login menggunakan Apple ID yang terdapat pada HP kamu yang hilang.
  4. Jika mau melacaknya dengen meminjam HP teman kamu, pastikan terlebih dahulu sign out Apple ID dari yang punya teman kamu itu.
  5. Selanjutnya, kamu akan diarahkan untuk memilih ponselmu yang hilang itu.
  6. Secara otomatis, HP kamu yang hilang akan terdeteksi melalui map. Dengan catatan, iPhone tersebut harus dalam kondisi menyala.
  7. Jika iPhone-mu itu mati, masih ada harapan melalui peta, yang akan menunjukan lokasi terakhir saat iPhone kamu menyala.
  8. Manfaatkan fitur Play Sound agar HP kamu yang hilang mengeluarkan suara. Syaratnya, HP tersebut berdekatan dengan lokasi kamu.
  9. Kamu bisa menggunakan mode hilang dengan mengklik ikon Lost Mode. Ini berlaku jika HP tersebut jauh dari lokasi kamu berada.
  10. Fitur Lost Mode akan menampilkan pesan dan nomor khusus yang telah kamu masukan pada menu Find My iPhone.
  11. Jika kamu sudah bulat mengganggap bahwa HP kamu telah hilang, silahkan klik fitur Erase iPhone. Tujuannya, data yang terlogin pada Find My iPhone segera terhapus.

Melacak iPhone Hilang Tanpa Find My iPhone 

Sebetulnya, semua versi iPhone tidak bisa dilacak jika tidak menggunakan Find My iPhone. Nah, tapi pada pembahasan kali ini, kamu akan mengais informasi perihal cara melacaknya tanpa mesti mengaktifkan Find My iPhone.

Untuk mencegah data kamu ada yang menyalahgunakan dan masih berpeluang iPhone kamu kembali lagi, simak tutorial lacak iPhone di bawah ini ya;

1.Hubungi Nomor Telepon Kamu Sendiri

Karena panik, biasanya kamu melupakan cara yang sederhana ini. Baiknya, sebelum berburuk sangka bahwa iPhone kamu hilang, cek terlebih dahulu dengan cara menelpon nomormu dengan menggunakan HP orang lain.

2.Ubah Password Akun

Pada cara yang kedua ini, kamu harus sangatlah teliti. Pasalnya, kamu mesti mengubah semua password atau sandi akun yang ter-login pada iPhone kamu yang hilang. Cara ini mengantisipasi agar data kamu yang tersimpan pada iPhone yang hilang itu tidak menjadi targert penyalagunaan pihak lain.

3.Membagikan Informasi Kehilangan di Media Sosial

Jangan menganggap sepele cara ini ya. Cara ini bisa membantu juga. Kamu bisa membagikan kronologi saat hilangnya HP pada berbagai halaman yang tersedia di media sosial . Jika kamu beruntung, pasti banyak orang yang akan membantu kamu.

4.Lapor Polisi

Segeralah kamu membuat surat laporan kehilangan kepada polisi berdasarkan lokasi kamu kehilangan iPhone. Kamu pun bisa menyertakan IMEI iPhone kamu kepada Polisi untuk mempermudah proses pencarian.

photo: crast.net

Tutorial Aktivasi Fitur Find My iPhone

Kamu pengguna iPhone, masih belum mengaktifkan fitur Find My iPhone? Lebih baik, menyegerakan untuk melakukan aktivasi fitur tersebut guna mengantisipasi sesuatu yang tak diinginkan.

Pada pembahasan berikutnya, kami infokan cara mengaktifkan fitur tersebut. Semoga bisa membantu.

  1. Silahkan buka pengaturan pada iPhone kamu
  2. Pastikan kamu sudah log in sebelum mengklik Apple ID
  3. Silahkan untuk memilih menu Find My iPhone
  4. Selanjutnya, kamu tinggal klik Find My iPhone
  5. Jangan lupa untuk mencentang posisi “ON”
  6. Terakhir, kamu tinggal menggeser ikon “Send Last Location” ke posisi aktif. Kegunannya, agar iPhone-mu yang hilang itu mengirimkan secara otomatis lokasinya ke Apple saat baterainya mulai lemah.

Penutup

Demikian artikel tentang cara melacak hp iphone yang hilang dengan simple dan berfaedah. Untuk saran saja, lebih baik kamu mengaktifkan fitur Find My iPhone sebagai antisipasi yang membantu kamu agar terhindar  dari kejadian tidak diinginkan.

Hp zaman sekarang sudah semakin canggih, tentunya dengan kecanggihan tersebut HP tidak hanya berguna sebagai alat komunikasi. Sekarang HP berfungsi sebagai rekening bank, data transaksi pribadi, serta sebagai tempat untuk mengamankan dokumen rahasia. So, jangan sampai data tersebut jatuh kepada orang yang tak bertanggung jawab ya.