TP Link – Pengertian & Cara Setting Supaya Berfungsi Maksimal!

TP Link

TP Link mungkin jadi sebuah istilah yang sudah familiar bagi sebagian orang. Namun bagi sebagian lainnya, istilah ini mungkin masih sangat asing. Nah kalau kamu sendiri sudah familiar belum nih dengan istilah ini?

Kalau kamu belum familiar banget dengan istilah router TP Link, kami akan membantu mu untuk memahaminya dalam waktu 5 menit lewat ulasan disini. Sekarang, tingkatkan fokus kamu supaya kami bisa lebih mudah mengajak mu untuk memahami informasi tentang router ini.

Nah kalau kamu sudah merasa fokus, kami akan lanjutkan ulasannya. Jadi, sebenarnya router wifi TP Link ini sangat erat kaitannya dengan pengguna internet, termasuk kamu karena kamu juga seorang pengguna internet bukan?

Cobalah bayangkan kamu sedang melakukan setting TP Link buat akses internet pribadi mu. Kira-kira, kamu setting di bagian hardware atau software ya? Wah belum tahu karena belum pernah melakukannya. Oke, tak mengapa karena kami bisa jelalskan lebih rinci pada paragraf berikut.

Sekilas Info Tentang TP Link

TP Link merupakan salah satu router atau alat untuk mendapat koneksi jaringan internet dengan lebih cepat. Jadi kalau saat ini jaringan internet kamu lemot alias kurang stabil, kamu bisa manfaatkan router untuk mendapat koneksi jaringan yang lebih baik.

Nah kalau kamu berniat membeli router untuk kestabilan jaringan internet mu, maka kamu perlu tahu cara setting atau cara mengaturnya agar router tersebut bisa berfungsi dengan maksimal. Jangan sampai, kamu sudah beli mahal tapi kamu gak tahu cara setting kalau nanti ada kendala.

Oke, khusus buat kamu yang masih bingung tentang bagaimana cara setting router TP Link, berikut ini kami sudah siapkan tutorialnya. Mari simak dengan seksama supaya kamu bisa langsung mempraktekannya di rumah.

Cara Setting Router Pakai Komputer Atau Laptop

Pertama kami akan mengajak kamu buat mengetahui bagaimana caranya setting router pakai laptop atau komputer. Oleh karena itu, siapkan komputer atau laptop beserta router mu supaya bisa langsung praktek.

Setelah semua sudah disiapkan, sekarang hidupkan router TP Link milik mu. Tekan tombol on yang tesedia di bagian kanan atau untuk model tertentu tombol on ada di bagian depan. Pastikan ada indikator hijau yang menyala sebagai tanda kalau router sudah menyala.

Selanjutnya, setting router dengan cara menyambungkannya ke modem pakai kabel penghubung bawaan. Setelah itu, hubungkan juga router dengan komputer atau laptop milik mu, boleh pakai kabel atau jaringan nirkabel.

Kalau sudah terhubung, bukalah situs TP Link atau jika tidak dapat diakses, kamu bisa kunjungi http://192.168.1.1 dengan menggunakan browser. Jika sudah masuk, silahkan login dan isi data konfigurasi serta jangan lupa atur version terbaru sebagai pilihan.

Terakhir, kamu bisa ganti kata sandi sesuai dengan keinginan mu lalu hubungkan ke perangkat lain. Jika sudah terhubung, berarti kamu sudah berhasil melakukan setting router wifi TP-Link dengan benar. Kalau masih bingung, ingat saja step by step seperti berikut ini.

  • Hidupkan Router
  • Router Disambungkan ke Modem Pakai Kabel
  • Router Dihubungkan ke Komputer Atau Laptop
  • Buka Situs TP Link
  • Login Akun
  • Isi Data Konfigurasi
  • Atur Nama Jaringan
  • Setting Version
  • Ganti Kata Sandi
  • Sambungkan Perangkat Ke Router

Cara Setting Router Pakai Smartphone

Kamu juga bisa lakukan setting TP Link dengan cara lain yakni memakai smartphone. Dengan memakai smartphone, kamu bisa melakukan setting secara nirkabel asalkan semua perangkat sudah terhubung dengan baik seperti yang sebelum kami jelaskan.

Untuk melakukan setting lewat smartphone, kamu harus download aplikasi bernama Tether. Kamu bisa download aplikasi Tether ini lewat play store atau dengan klik link ini. Setelah download, bukalah aplikasi tersebut, namun pastikan smartphone mu sudah terhubung ke jaringan router.

Selanjutnya, silahkan klik gambar router yang ada di bawah menu ‘Local Device’ lalu buatlah kata sandi baru. Kemudian, klik opsi ‘Internet Conection Type’ yang ada pada menu ‘Quick Set-up’. Jika sudah, silahkan klik ‘Save’.

Sebenarnya cara setting router TP Link ini cukup mudah, namun kalau kamu masih belum paham, ingat saja point pentingnya seperti ringkasan berikut.

  • Download Aplikasi Tether
  • Sambungkan Smartphone ke Router
  • Buka Aplikasi Tether
  • Klik gambar Routher (posisinya ada di bawah menu ‘local device’)
  • Buat kata sandi baru
  • Pilih ‘Internet Connection Type’
  • Pilih ‘Save’

Seperti itulah informasi terkait TP Link dan cara melakukan setting pada router agar berfungsi secara maksimal. Kamu bisa mempraktekannya di rumah sekarang juga dengan cara yang pertama (pakai laptop atau komputer) atau cara yang kedua (pakai smartphone).

Selamat melakukan setting pada router wifi TP Link milik mu, semoga berhasil dan semoga jaringan inernet mu gak lemot lagi ya dengan adanya router itu.