Rumus Excel Wajib Diketahui Sebelum Terjun ke Dunia Kerja!

rumus excel

Kalau kamu udah kuasain rumus excel, kamu bisa kerja kantoran tanpa harus ngeluarin banyak tenaga loh. Cukup duduk di depan komputer, mengolah data sambil minum kopi dan ngemil biskuit. Enak banget kan, ketimbang kerja lapangan yang harus panas-panasan atau kehujanan.

Tapi masalahnya kamu sudah hafal belum nih tentang rumus rumus excel yang wajib banget dikuasi sebelum terjun ke dunia kerja? Kalau belum, sepertinya kamu perlu baca artikel ini sampai selesai, sebab kami sudah merangkum banyak sekali informasi terkait microsoft excel.

Salah satu rumus paling penting yang harus kamu kuasai misalnya adalah rumus penjumlahan excel. Biasanya, kerja di kantor itu sering banget bermain dengan hitung-hitungan bahkan erat kaitannya dengan penjumlahan.

Belum lagi, kamu juga harus menghafal rumus lain seperti rumus perkalian excel buat ngitungin gaji karyawan misalnya. Memang sih terkesan memusingkan, tapi kami yakin kalau kamu bisa melakukannya setelah membaca ulasan berikut ini sampai selesai.

Tentang Microsoft Excel & Rumus Perhitungannya

Microsoft excel merupakan salah satu aplikasi komputer yang biasa digunakan untuk urusan perkantoran. Namun ada cara penjumlahan, perkalian, atau rumus pengurangan excel yang juga dipakai dalam berbagai urusan.

Intinya, baik itu pengurangan, perkalian, atau penjumlahan, bisa bermanfaat untuk urusan hitung-hitungan yang gak cuma di kantor saja. Bahkan untuk urusan administrasi warung, rumah, atau organisasi, kamu bisa pakai microsoft excel ini.

Fungsi Utama Microsoft Excel

Fungsi utama dari aplikasi microsoft ini sebenarnya untuk urusan hitung-hitungan dengan merumuskan penjumlahan, pembagian, perkalian, atau pengurangan. Namun disisi lain, banyak juga orang yang memanfaatkan kolom pada excel untuk membuat data.

Microsoft excel sendiri bisa kamu operasikan di berbagai perangkat seperti laptop, komputer, tab, maupun smartphone. Walaupun perangkatnya berbeda namun urusan merumuskan perkalian, pembagian, penjumlahan atau rumus pengurangan excel akan tetap sama.

Jenis Rumus Excel

Dalam pelajaran microsoft excel, ada dua rumus utama yang menjadi acuan para penggunanya yaitu Function dan Formula. Berikut ini adalah penjelasan singkat terkait Function dan Formula bahkan kami juga sudah menyematkan video supaya kamu lebih cepat paham.

1. Function

Fungction merupakan salah satu rumus yang ada di excel yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan perhitungan. Untuk lebih detilnya kamu bisa lihat video di atas terkait bagaimana Function bekerja dan bagaimana kamu melakukannya.

2. Formula

Forumla merupakan rumus perhitungan yang ada di excel yang penggunaannya harus ketik secara manual. Sederhananya, ini adalah kebalikan dari Function dimana Function itu sendiri sudah terkonsep dari pihak pengembang. Kamu bisa cek video di atas terkait apa itu Formula.

Rumus Excel Paling Wajib Diketahui

Meskipun kamu sudah mengetahui apa itu Fungction dan Formula, namun kamu perlu juga menghafal rumus excel yang wajib dikuasai oleh para pekerja kantoran. Kamu benar-benar harus menghafalnya supaya bisa kerja enak, di depan komputer, sambil ngopi dan makan biskuit.

1. Rumus Excel Pengurangan

Pertama, adalah cara pengurangan. Misalnya kamu ingin melakukan perhitungan angka yang ada di kolom A1 (-) angka yang ada di kolom B1. Sehingga rumus pengurangan excel yang harus kamu buat adalah =A1-B1. Mudah sekali untuk melakukannya jika kamu sudah praktek.

2. Rumus Excel Penjumlahan

Hal yang sama bisa kamu lakukan untuk urusan penjumlahan. Salah satunya jika kamu mau melakukan penjumlahan pada angka yang ada di kolom A1 (+) angka yang ada di kolom B1. Sehingga rumus penjumlahan excel yang harus kamu buat adalah =SUM(A1+B1).

3. Membuat Hasil Perkalian

Selanjutnya adalah membuat hasil perkalian yang bisa kamu sorot terlebih dahulu kolom apa yang ingin kamu kalikan. Salah satunya jika kamu ingin membuat perkalian antara angka yang ada di kolom A1 (x) angka di kolom B1. Sehingga rumus perkalian excel yang dibuat adalah =A1*B1.

4. Membuat Hasil Pembagian

Berikutnya ada rumus pembagian dimana kamu bisa mendapatkan hasil perhitungan dari angka yang ada pada dua kolom yang berbeda. Sehingga kamu bisa buat rumus seperti ini, =A1/B1 atau kamu bisa pakai kolom lain sesuka hati mu sebagai pengibaratan, contoh =C1/D1.

5. Rumus Count

Nah kalau yang satu ini adalah cara untuk menghitung jumlah kolom atau cell yang sudah berisi angka-angka. Misalnya saja kamu ingin menghitung julmah angka yang ada di kolom A1 sampai kolom D1, maka caranya adalah, =Count(A1:D1).

6. Rumus Counta

Kalau kamu mau menghitung jumlah keseluruhan angka yang ada di seluruh cell atau kolom, maka kam bisa pakai rumus Counta. Sehingga rumus yang harus kamu buat bisa seperti berikut ini, =Counta(A1:K1). Selanjutnya kamu bisa lihat di video untuk mendapatkan contoh lain.

7. Rumus Average

Terakhir, kamu bisa pakai rumus excel average untuk mencari jumlah atau nilai rata-rata dari suatu perhitungan. Misalnya, kamu ingin menemukan nilai rata-rata dari angka yang ada di kolom A2 sampai A8. Maka kamu bisa buat rumus seperti berikut ini, =Average(A2:A8)

Seperti itulah informasi terkait rumus excel yang wajib banget kamu hafal sebelum kamu terjun ke dunia kerja. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kamu bisa dapat pekerjaan enak. Good Luck!