Cara Cek BI Checking Secara Online Paling Gampang 2022

cara cek BI checking

Bagi kamu yang pernah melakukan pinjaman pada perusahaan pendanaan, sepertinya kamu perlu tahu cara cek BI checking untuk mengetahui apakah data mu sebagai nasabah masih baik atau sudah tercoreng.

Jika selama masa peminjaman kamu membayar angsuran dengan baik, kami jamin kalau data mu di BI checking online masih bagus. Namun, jika kamu bermasalah dengan angsuran, sepertinya kamu peru pengecekan terlebih dahulu karena bisa jadi data mu sebagai nasabah sudah tercoreng.

Kabar baiknya, cek BI checking online saat ini sudah bisa kamu lakukan kapan saja dan dengan cara yang lebih mudah. Asalkan kamu punya perangkat yang terhubung dengan internet, tentu kamu bisa melakukan pengecekan data mu sebagai nasabah.

Lalu bagaimana cara mencari tahu BI chekcing online terkait data mu sebagai nasabah? Apakah caranya sederhana atau berbelit-belit seperti mencairkan dana BPJS? Yuk disimak penjelasannya seperti pada rangkuman berikut ini.

Beberapa Point Terkait Cara Cek BI Checking Online

BI checking merupakan catatan terkait informasi debitur bank atau lembaga keuangan lainnya selama debitur tersebut melakukan peminjaman. Nah BI checking online sendiri berfungsi untuk mencari tahu riwayat informasi data nasabah yang masih baik atau yang sudah tercoreng.

Biasanya, data debitur atau nasabah yang sudah tercoreng, akan sulit melakukan peminjaman kembali karena riwayat pembayaran pinjamannya sudah tercatat sebagai debitur yang buruk. Lalu gimana dengan data mu sebagai orang yang pernah menjadi debitur?

1. BI Checking Online & SLIK OJK

BI Checking tadinya adalah metode atau cara melihat track record data debitur yang valid, namun semakin berkembangnya zaman, pengecekan data debitur pun berubah dengan memanfaatkan SLIK atau Sistem Layanan Informasi Keuangan untuk BI checking online.

Sejak SLIK mengambil alih BI checking, para pengguna pun bisa mengakses informasi mengenai track record data debitur dengan lebih mudah dan lebih cepat serta dengan berbagai fitur baru yang tersedia. Intinya, cara cek BI checking online dengan SLIK ini jauh lebih mudah.

Lalu bagaimana dengan cek BI chacking online yang lama? Apakah masih bisa dugunakan? Sayangnya metode yang lama sudah tidak bisa diakses lagi dan pure digantikan oleh SLIK secara permanen.

2. Nilai Plus SLIK OJK

Seperti yang tadi kami sudah jelaskan bahwa SLIK sebagai cara cek BI checking online yang baru ini lebih mudah dan lebih cepat melayani pengguna, bahkan memiliki banyak fitur baru untuk mempermudah keperluan penggunanya.

Beberapa kelebihan dari SLIK sebagai metode cek BI checking terbaru pun sudah kami rangkum pada ulasan berikut.

  • Jangkauan data debitur yang lebih luas dari berbagai wilayah
  • Jangkauan bank atau pihak pendanaan yang lebih banyak
  • Lebih mudah diakses karena punya situs dan aplikasinya sendiri
  • Memermudah pelaku UMKM untuk mendapatkan pinjaman

3. BI Checking Online Melalui SLik OJK

Setelah mengetahui perbedaan antara BI checking online dan SLIK serta kelebihannya, sekarang kami ingin mengajak kamu buat mengetahui cara cek BI checking online dengan memanfaatkan SLIK OJK. Siapkan handhone kamu ya, biar bisa langsung mempraktekannya.

1. Siapkan Dokumen Yang Diperlukan

Beberapa dokumen yang kamu butuhkan untuk melakukan cek BI checking online ini adalah KTP, Paspor (buat warga negara asing), surat kuasa asli dan dokument identitas pemberi kuasa. Nah ini adalah dokumen wajib untuk debitur dengan kategori perorangan.

Jika yang ingin melakukan cek BI checking online adalah badan usaha, maka pihak badan usaha wajib menyediakan dokumen seperti NPWP, akta pendirian usaha, data susunan pengurus dan track record anggaran, serta surat kuasa pemberi dan penerima.

2. Isi Form Antrian

Langkah berikutnya, kamu harus mengisi form antrian untuk melakukan BI checking online. Kamu bisa mendapatkan form antrian dengan mengunjungi situs SLIK OJK. Isilah data-data yang ada dalam form tersebut dengan sejujur-jujurnya.

3. Pilih Jam Antrian Online

Selanjutnya kamu harus memilih jam antrian online ketika sudah mengisi form antrian cek BI checking. Pilihannya ada di jam 08.00 – 09.00 / 09.00 – 10.00 / 10.00 – 11.00 / 11.00 – 12.00 / 13.00 – 14.00 / 14.00 – 15.00 dan kamu harus rebutan jam antrian sebab banyak sekali pengunjung dan pengguna layanan SLIK OJK ini.

4. Lakukan Verifikasi Data

Kamu juga perlu melakukan verifikasi data saat cek BI checking. Biasanya verifikasi tersebut dikirim via email yang sudah kamu lampirkan pada form antrian. Klik saja tautan yang dikirim dalam email verfikasi itu, maka secara otomatis kamu sudah melakukan verifikasi.

5. Cek Kotak Masuk Email

Ketika semua syarat yang tadi disebutkan sudah kamu lakukan, maka langkah berikutnya adalah menunggu informasi debitur yang dikirim via email setelah kamu selesai memenuhi syarat BI checking. Pada umumnya email tersebut paling lama akan kamu terima 2 x 24 jam.

Itulah informasi terkait, cara cek BI checking secara online yang bisa kamu langsung praktekan di rumah melalui handphone atau komputer yang sudah terkoneksi dengan internet. Mudah-mudahan data kamu masih bagus ya di SLIK.